PENG. ANIMASI & DESAIN GRAFIS #
( SOFTSKILL )
Disusun oleh :
Nama anggota : 1. Zuan
Fauzan (1C114681)
Kelas
: 3KA34
UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 2016/2017
1.
Pengenalan Desain Grafis
·
Pengertian Desain Grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan
informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap
gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan
dalam desain komunikasi dan fine
art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat
merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan
(rancangan), ataupun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Seni desain grafis mencakup
kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi,
pengolahan gambar, dan tata letak.
a.
Unit
Grafis PC
GPU singkatan dari Graphics Processing Unit atau jika dalam bahasa indonesia adalah Unit Pengolahan Grafis.
GPU saat ini digunakan dalam sistem tertanam, ponsel, komputer,
workstation, dan konsol game. GPU modern sangat efisien dalam memanipulasi
grafis komputer, dan struktur mereka sangat paralel membuat mereka lebih
efektif dari pada tujuan umum CPU untuk algoritma di mana pengolahan blok besar
data dilakukan secara paralel. Dalam sebuah komputer pribadi, GPU dapat hadir
pada kartu video (kartu grafis), atau dapat pada motherboard, atau dalam CPU tertentu. Saat ini
lebih dari 90% komputer desktop baru dan notebook telah terintegrasi GPU, yang
biasanya jauh lebih kuat dari pada yang ada pada kartu
video khusus.
Di kartu grafis diskrit
GeForce_256 inilah, istilah GPU di perkenalkan pertama kali.
GPU sesuai dengan
namanya yang dalam bahasa indonesia, berarti Unit Pengolah Grafis, yakni sebuah komponen
khusus, berupa sebuah “unit” yang bertugas mengolah segala hal yang mengarah ke
grafis, baik itu berbentuk
Game, Multimedia (Video), Gambar 3D/2D, Animasi 2D/3D dsb.
GPU diciptakan untuk
sebagai pasangan dari CPU (Central Processing Unit) yang tidak lain adalah
Processor PC/Laptop anda. Tujuan awalnya diciptakan untuk display saja. Namun, lama kelamaan
berkembang, sehingga bisa mengolah beberapa perkerjaaan, sehingga membuat
CPU/Processor menjadi lebih ringan bebanya
b. Jenis Unit Grafis
Agar desain yang kita
hasilkan menarik mata ada beberapa unsur yang harus dipelajari yaitu unsur
dalam desain grafis. Semua unsur tersebut tidak harus dimasukkan sekaligus
dalam sebuah karya desain karena ada sebagian desain yang menuntut salah satu
dari unsur tersebut harus diprioritaskan jadi ada penekanan-penekanan dalam
setiap unsur.
1.
Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang
menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa
berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah
unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain. Di dalam duni a
komunikasi visual seringkali kita menggunakan dotted line, solid line, dan
garis putus-putus.
2.
Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter
tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle),
lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).
3.
Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari
suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada
prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda,
misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain
sebagainya.
4.
Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan
bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek
estetika desain dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya
pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure)
dan latar belakang (background).
5.
Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang
mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini Anda
dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda
sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
6.
Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek
desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan
pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas
c. Peran Desain Grafis
·
Peran
desain grafis dalam kehidupan masyarakat.
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang
menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif
mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil
abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam
desain komunikasi dan ''fine art''. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis
dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan
rancangan, atau pun disiplin ilmu yang digunakan desain.
Desain grafis digunakan sebagai alat komunikasi
seperti diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah,
dan brosur, catalog flyer, pamphlet Koran, dll. Sebagai tambahan, sejalan
dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media
elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain
multimedia.
·
Peranan desain bagi manusia
Desain memberikan nilai tambah untuk hidupnya. Seperti apa nilai
tambah itu? Sebuah bangku, asal sudah bisa diduduki selesailah masalahnya.
Tetapi orang memberi makna pada “duduk”, hingga berkembanglah bentuk kursi
sesuai dengan makna yang disandangnya. Demikianlah secara sederhana bagaimana
desain berperan dalam kehidupan kita. Ruang tamu, kamar tidur, pakaian,
walkman, surat undangan merupakan contoh terdekat bagaimana kita membangun
makna melalui desain.
·
Peran Komunikasi
Komunikasi juga merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Peristiwa dalam komunikasi dapat terjadi dimana-mana. Contohnya, dua ekor burung yang saling bercengkrama (animal communication), hubungan antar sel pada saat mahluk hidup bernafas, dll. Sebagai mahluk sosial, manusia senantiasa ingin berhubungan dengan mahluk hidup lainnya. Rasa ingin tahu membuat manusia ingin berkomunikasi. Tanpa komunikasi tidak mungkin terbentuk masyarakat. Sebaliknya tanpa masyarakat manusia tidak mungkin mengembangkan komunikasi.
Berkomunikasi dengan baik akan memberi pengaruh langsung terhadap struktur keseimbangan seseorang dalam masyarakat. Sebagai ilmu yang dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat komunikasi pada awalnya merupakan proses retorika dan jurnalistik yang banyak berkaitan dengan pembentukan pendapat umum (opini publik). Istilah komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka. Dalam makna sederhana komunikasi adalah proses bertukar pengertian. Konsep Dasar dan Peranan Komunikasi
Komunikasi bisa saja terjadi dalam berbagai bentuk. Misalnya, percakapan melalui telepon, mendengarkan radio, tatap muka langsung, menulis memo, membaca surat kabar dan lain sebagainya. Konsep dasar komunikasi ada dua, yakni komunikasi nonverbal dan komunikasi verbal.
·
Peranan
Komunikasi
1.
Memberikan
informasi kepada masyarakat
Karena perilaku
menerima informasi merupakan perilaku alamiah masyarakat. Dengan menerima
informasi yang benar masyarakat akan merasa aman tentram. Informasi akurat
diperlukan oleh beberapa bagian masyarakat untuk bahan dalam pembuatan
(pengambilan) suatu keputusan.
2.
Mendidik
masyarakat
Kegiatan mendidik masyarakat
dalam arti luas adalah memberikan berbagai informasi yang dapat menambah
kemajuan masyarakat dengan tatanan komunikasi massa. Sedangkan kegiatan
mendidik masyarakat dalam arti sempit adalah memberikan berbagai informasi dan
juga berbagai ilmu pengetahuan melalui berbagai tatanan komunikasi kelompok
pada pertemuan-pertemuan, kelas-kelas.
3.
Mempengaruhi
masyarakat
Kegiatan memberikan
berbagai informasi pada masyarakat juga dapat dijadikan sarana untuk
mempengaruhi masyarakat tersebut ke arah perubahan sikap dan perilaku yang
diharapkan. Misalnya mempengaruhi masyarakat untuk mendukung suatu pilihan
dalam pemilu dapat dilakukan melalui komunikasi massa dalam bentuk kampanye,
propaganda, selebaran-selebaran, spanduk dan sebagainya.
4.
Menghibur
masyarakat
Perilaku masyarakat menerima
informasi selain untuk memenuhi rasa aman juga menjadi sarana hiburan
masyarakat. Apalagi pada masa sekarang ini banyak penyajian informasi melalui
sarana seni hiburan.
content://com.sec.android.app.sbrowser/readinglist/0331090819.mhtml
d. Perbedaan Disain Grafis dan Image Processing
Perbedaan antara grafik
komputer dengan pengolahan citra adalah dalam grafik komputer dilakukan proses
untuk menghasilkan suatu gambar dari awal dengan menggunakan komputer. Bentuk
sederhana dari grafik computer adalah garfik computer 2D kemudian berkembang
menjadi grafik computer 3D, pemrosesan citra / image processing dan pengenalan pola / pattern recognition, contoh : membuat citra realistik untuk
seni, game komputer, foto, animasi komputer, dll).
Sedangkan pengolahan citra, gambar di input ke dalam proses
pengolah citra / gambar yang sudah tersedia sehingga mudah diinterpretasi oleh
manusia atau komputer dengan melakukan transformasi suatu citra menjadi citra
baru yang lain
e. Prinsip Kerja Disain Grafis
Prinsip
Kerja Desain Grafis adalah sebagai berikut:
1.
Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip
ini dalam pekerjaan desain. Hal ini sangat logis demi kepentingan kemudahan
pembaca memahami isi pesan yang disampaikan. Dalam penggunaan huruf sebuah
berita misalnya. Huruf judul (headline), subjudul dan tubuh berita (body text)
sebaiknya jangan menggunakan jenis font yang ornamental dan njilimet, seperti
huruf blackletter yang sulit dibaca. Desainer grafis lazim juga menyebut prinsip
ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid). Prinsip ini bisa diterapkan dengan
penggunaan elemen ruang kosong (white space) dan tidak menggunakan terlalu
banyak unsur-unsur aksesoris. Seperlunya saja.
2.
Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip keseimbangan ada dua, yaitu: keseimbangan formal (simetris) dan keseimbangan informal.
Keseimbangan formal memberikan kesan sempurna, resmi, kokoh, yakin dan bergengsi. Keseimbangan formal juga menyinggung mengenai konsistensi dalam penggunaan berbagai elemen desain. Semisal wana logo. Dalam desain kartu nama desain dibuat dengan full color (F/C). Tetapi dengan pertimbangan agar desain lebih variatif dan tidak membosankan, maka pada media desain yang berbeda Anda membuat logo tersebut dengan warna duotone. Nah, pada kondisi ini, gagasan variasi desain sebaiknya tidak diperlukan. Apa jadinya kalau logo tersebut adalah logo sebuah produk barang. Konsistensi juga sangat diperlukan sebagai kesan identitas yang melekat pada sebuah merek produk. Kita tidak mau konsumen sampai lupa pada produk yang dijual. Sedangkan keseimbangan informal bermanfaat menghasilkan kesan visual yang dinamis, bebas, lepas, pop, meninggalkan sikap kaku, dan posmodernis.
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip keseimbangan ada dua, yaitu: keseimbangan formal (simetris) dan keseimbangan informal.
Keseimbangan formal memberikan kesan sempurna, resmi, kokoh, yakin dan bergengsi. Keseimbangan formal juga menyinggung mengenai konsistensi dalam penggunaan berbagai elemen desain. Semisal wana logo. Dalam desain kartu nama desain dibuat dengan full color (F/C). Tetapi dengan pertimbangan agar desain lebih variatif dan tidak membosankan, maka pada media desain yang berbeda Anda membuat logo tersebut dengan warna duotone. Nah, pada kondisi ini, gagasan variasi desain sebaiknya tidak diperlukan. Apa jadinya kalau logo tersebut adalah logo sebuah produk barang. Konsistensi juga sangat diperlukan sebagai kesan identitas yang melekat pada sebuah merek produk. Kita tidak mau konsumen sampai lupa pada produk yang dijual. Sedangkan keseimbangan informal bermanfaat menghasilkan kesan visual yang dinamis, bebas, lepas, pop, meninggalkan sikap kaku, dan posmodernis.
3.
Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. Contohnya adalah ilustrasi, garis dan teks diberi raster sehingga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. Contohnya adalah ilustrasi, garis dan teks diberi raster sehingga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.
4.
Penekanan (aksentuasi)
Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian
pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud. Kalau
dalam konteks desain surat kabar ini bisa dilakukan dengan memberikan kotak
raster atas sebuah berita. Hal ini akan mengesankan pentingnya berita itu untuk
dibaca oleh pembaca. Atau juga membesarkan ukuran huruf pada judul berita,
sehingga terlihat jauh berbeda dengan berita lainnya. Penekanan juga dilakukan
melalui perulangan ukuran, serta kontras antara tekstur, nada warna, garis,
ruang, bentuk atau motif.
5.
Irama(repetisi)
Irama merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama. Desain grafis mementingkan interval ruang atau kekosongan atau jarak antar obyek. Misalnya jarak antarkolom. Jarak antar teks dengan tepi kertas, jarak antar 10 foto di dalam satu halaman dan lain sebagainya.
Irama merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama. Desain grafis mementingkan interval ruang atau kekosongan atau jarak antar obyek. Misalnya jarak antarkolom. Jarak antar teks dengan tepi kertas, jarak antar 10 foto di dalam satu halaman dan lain sebagainya.
6.
Sistem
Operasi Berbasis Unit Grafis (antarmuka)
Sistem Operasi Berbasis
Unit Grafis (antarmuka) adalah suatu sistem operasi yang berbasiskan gambar
atau grafis unit antarmuka. Sistem operasi yang termasuk berbasiskan GUI antara
lain Microsoft Windwows, Macintos, Linux.
7.
Microsoft
Windows
Microsoft Windows atau lebih sering dikenla dengan sebutan Windows
adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh
Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik.
8.
Macintos
(Mac OS)
Pertama kali dikeluarkan pada bulan Januari 1984 adalah sistem
operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintos dan
tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM.
9.
Linux
Pertama kali dirilis tahun 1970 oleh Linus Torvald. Faktor
ketersediaannya dan kompatibilitasnya yang tinggi menyebabkannya dapat
digunakan, disalin dan dimodifikasi secara luas oleh institusi-institusi
akademis dan pada pebisnis.
content://com.sec.android.app.sbrowser/readinglist/0331114020.mhtml
f.
Prinsip
Kerja Image Processing
Prinsip kerja rangkaian berikut ini dan disebut apa rangkaiannya
Proses sampling biasanya dilakukan dengan menggunakan sebuah
rangkaian penguat yang disebut dengan track/store atau sample/hold (S/H)
amplifier. Pada saat sinyal analog masuk ke input S/H, sebuah sinyal clock
digital terjadi dengan kecepatan rata yang akan menggerakkan sebuah switch
elektronis dari FET (Field Effect Transistor) pada S/H Amplifier. Selama
proses sampling FET terhubung dan keluaran penguat S/H sama dengan sinyal input
analog. Kemudian kapasitor akan terisi sesuai dengan tegangan sinyal
input. Ketika sinyal kontrol logic dalam bentuk biner berubah, maka FET
akan cut-off dan amplifier akan menyimpan nilai tegangan analog secara instan
pada FET cut-off. Sinyal analog kemudian disimpan sebagai sinyal muatan elektrik
pada kapasitor. Keluaran penguat S/H kemudian dijadikan sebagai tegangan DC. Sinyal
ini kemudian di kirim ke ADC. ADC melakukan operasi konversi dan keluarannya berupa bilangan
biner yang nilainya proporsional dengan amplitudo sinyal analog. Untuk
setiap sinyal yang disampling oleh ADC disebut dengan Pixel. Sebuah
pixel menyatakan nilai sensitifitas cahaya. Tiap-tiap
jalur scan yang dihasilkan oleh sampling diterjemahkan menjadi titik cahaya dengan
level gray yang bervariasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar